Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah mempersiapkan beraneka acara untuk menyongsong malam tahun baru 2024. Kali ini mengambil alih tema ‘Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global’ terhadap 31 Desember 2023 di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata menyatakan acara ini dihadirkan untuk seluruh warga yang idamkan nikmati malam pergantian tahun di Jakarta.

Lebih lanjut, Andhika mengatakan, bersama dengan mengusung rancangan car free night, warga bakal disuguhkan bersama dengan berbagai kegiatan. Yakni seperti pertunjukan Gemilang Silang Monas, video mapping, panggung hiburan, dan juga parade Jakarnaval yang bakal menampilkan 10 IP-Based Character Jakarta, yakni Maskot Jakarta-JeKaTe, Fun Cican, Our Happiness, Cute Monster, Si Juki, Si Unyil, Sayuti Koboi Betawi, Sri Asih, Si Buta berasal dari Gua Hantu, dan Satria Dewa Gatot Kaca.

Selain itu, penampilan bervariasi genre musik, pertunjukan humanoid (manusia patung), dan juga ragam kegiatan kesenian lainnya termasuk bakal dihadirkan di lokasi panggung hiburan di sebagian titik. Berbagai sinergi bersama dengan para stakeholder turut dilakukan, seperti Cityvision, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), dan juga Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan, antisipasi kegawatdaruratan bakal disiapkan seperti penyediaan mobil ambulans, posko layanan kesehatan, petugas medis di titik-titik lokasi panggung hiburan, dan juga koordinasi kesiapan ambulans di RSUD terdekat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta Ratu Rante Allo mengatakan, pihaknya bakal sediakan 42 unit warung listrik yang diisi oleh 84 UMKM pada gelaran bazar.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya udah melakukan koordinasi bersama dengan para stakeholder perihal untuk menopang keberhasilan acara perayaan malam tahun baru. Ia mengatakan, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada 31 Desember ditiadakan dan digantikan bersama dengan Jakarta Car Free Night bersama dengan penutupan jalur secara bertahap.

Lokasi panggung hiburan malam Tahun Baru 2024

Berikut adalah 11 titik yang akan di jadikan sebagai pusat jalannya acara festival malam tahun baru di Jakarta :

Panggung 1 di area Monas

Panggung 2 di area Bank Indonesia

Panggung 3 di area Sarinah

Panggung 4 di area Bundaran Hotel Indonesia

Panggung 5 di depan gedung UOB

Panggung 6 di area ORIX

Panggung 7 di sekitar Mid Plaza

Panggung 8 di depan MORI Tower

Panggung 9 di pintu 7 Senayan

Panggung 10 di area Sudirman Central Business District (SCBD)

Panggung 11 di area FX Sudirman

Adapun wilayah acara ‘Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global’ yang diselenggarakan di tingkat kota/kabupaten yaitu:

• Kota Jakarta Pusat di Bundaran HI

• Kota Jakarta Utara di Halaman Wali Kota Jakarta Utara

• Kota Jakarta Barat di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat

• Kota Jakarta Selatan di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

• Kota Jakarta Timur di Old Shanghai, Cakung; dan

• Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa.